Wabah penyakit koronavirus 2019–2020 atau dikenal sebagai wabah COVID-19 adalah peristiwa wabah penyakit koronavirus 2019, pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019 setelah beberapa orang mengalami pneumonia tanpa sebab yang jelas dan prosedur perawatan dan vaksin yang diberikan ternyata tidak efektif.

Wabah ini telah dinyatakan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini diperkuat dengan telah terjadinya kasus corona di 76 negara diseluruh dunia. Sementara itu  jumlah kasus corona sampai tanggal 04 maret 2020 tercatat 93.123 kasus, yang terdiri dari korban meninggal 3.198 pasien, dengan negara yang terbanyak korban meninggal adalah Cina, sedangkan pasien yang sembuh dari corona mencapai 50.675 orang.   

Bagaimana dengan Indonesia ? Indonesia mengonfirmasi 2 orang positif virus corona, dan telah dilakukan penanganan oleh tenaga kesehatan yang profesional dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Pemerintah telah melakukan tindakan pencegahan terhadap masuknya virus corona ke Indonesia, termasuk meningkatkan pengawasan terhadap wilayah yang beresiko masuknya corona. Terdapat 3 wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang beresiko masuknya corona, yaitu Batam, Karimun serta Tanjungpinang.

Tanjungpinang menjadi salah satu wilayah yang beresiko masuknya virus corona. Namun jangan panik, Sebab pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani kasus corona. Pemerintah setempat telah menetapkan rumah sakit rujukan untuk pasien yang terindikasi kasus corona, dan telah mengupayakan upaya promotif serta preventif di seluruh puskesmas wilayah Kota Tanjungpinang guna mencegah terjadinya penyakit ini.

Dalam hal ini, Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, khususnya Puskesmas Tanjung Unggat telah melakukan upaya pencegahan terhadap virus corona di masyarakat, dengan mengajak masyarakat untuk menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Khususnya beberapa pencegahan terinfeksinya virus corona antara lain :

  1. Mencuci Tangan dengan benar, yaitu menggunakan Sabun dan Air Mengalir, Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin
  2. Gunakan Masker apabila sedang pilek maupun batuk, untuk mencegah penularan penyakit ke orang lain
  3. Bila batu disertai sesak napas segera ke fasilitas kesehatan, hal ini untuk penanganan cepat terhadap penyakit.
  4. Jangan mengkonsumsi makanan yang tidak masak, karena makanan yang tidak masak dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan virus didalamnya.
  5. Mengkonsumsi makanan yang bergizi, rajin olahraga dan  istirahat yang cukup, Hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit